Selasa, 12 Maret 2013

An Old-fashioned Journalist


Posted by zaky on Feb 28, '09 3:45 AM for everyone
Yup! Tampaknya sekarang semakin terbukti kalau saya seorang old-fashioned journalist. Kenapa? Karena saya tidak siap dengan berita-berita pendek dan instan, saya tidak mau disuruh mengumpulkan banyak berita dalam sehari, saya tidak mau menulis berita hanya karena alasan halaman koran kosong, saya tidak terbiasa dengan berita-berita online, saya tidak siap dengan konsep city paper yang akan segera diterapkan di tempat kerja saya, saya tidak ingin deadline semakin diperpendek, saya tidak mau dibentuk oleh keinginan pasar, saya ingin menulis berita yang lengkap dan bermanfaat, saya ingin menjadi wartawan dan bukan tukang tulis berita, setiap hari saya semakin merasa tidak lagi memiliki tempat dalam iklim kerja yang tidak lagi mementingkan pendalaman sebuah isu atau fenomena.
Lalu di manakah tempat saya? Mungkin tidak di mana pun, karena semua media massa bergerak ke titik yang sama. Mungkin saya harus beralih profesi. Mungkin lebih baik saya jadi wartawan freelance. Mungkin saya harus jadi penulis fiksi. Mungkin saya harus bersiap-siap untuk miskin. Atau mengikuti "takdir" untuk menjadi onderdil di dalam sebuah institusi yang dikendalikan oleh pasar.
Mudah-mudahan tahun ini saya bisa menyelesaikan satu lagi projek reportase investigatif. Lalu terbang entah ke mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar